Senin, 12 November 2018

Benarkah Asam Urat Tinggi Berkaitan Dengan Hipertensi / Darah Tinggi

Untuk mengetahui benarkah asam urat tinggi berkaitan dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi dalam tubuh, silahkan anda simak informasi berikut !


Benarkah Asam Urat Tinggi Berkaitan Dengan Hipertensi / Darah Tinggi


Pada kebanyakann kasus, penyakit hipertensi memang lebih banyak ditemukan pada penderita kadar asam urat berlebih dalam darah dibandingkan dengan yang tidak. Sudah banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menguji keterkaitan antara kedua kondisi ini. Namun, hingga kini, kesimpulan atas hasil penelitan tersebut masih banyak diperdepatkan.

Banyak studi menyebutkan bahwa tingginya hipertensi pada penderita asam urat tinggi murni terjadi sebatas data kesehatan semata. Bahkanbanyak juga sumber ilimiah lainya yang menyebutkan bahwa kadar asam urat tinggi merupakan salah satu faktor yang berkaitan terhadap munculnya hipertensi. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa mekanisme berikut :

  • Asam urat bisa mengaktivasi sistem renin angiotensin yang berperan dalam meningkatkan tekanan darah
  • Penderita asam urat biasanya menjalani pola hidup sedenter, pola makan yang kurang baik, malas berolahraga, merokok, atau mengkonsumsi alkohol. Kesemua faktor ini juga merupakan faktor risiko munculnya hipertensi.
  • Baik hyperuricemia maupun hipertensi sama-sama memiliki kecenderungan dipengaruhi oleh faktor genetik

Dengan beragam mekanisme di atas, penderita kadar asam urat yang tinggi bisa meningkatkan risiko terjadinya hipertensi di usia yang lebih muda. Tidak hanya itu, pada orang yang berusia lebih tua pun, tingginya kadar asam urat bisa meningkatkan potensi terjadinya komplikasi dari hipertensi, termasuk kerusakan pembuluh darah, gangguan fungsi jantung, mata, ginjal, dan beragam organ lainnya.


Pendekatan atas kedua kondisi ini pun sama. Dokter umumnya perlu memberikan beberapa jenis obat untuk mengontrol tekanan darah dan asam urat yang perlu dikonsumsi secara teratur oleh penderitanya. Tidak hanya obat, gaya hidup pun harus dimodifikasi agar risiko perburukan penyakit bisa dicegah. Berikut beberapa tips yang disarankan:

  • Jaga pola makan, batasi asupan makanan tinggi garam, tinggi lemak jenuh dan lemak trans, tinggi purin
  • Perbanyak makan buah, sayur, daging unggas atau daging ikan tanpa lemak, biji-bijian utuh
  • Minum air putih dengan cukup 8 hingga 12 gelas perhari
  • Rutin berolahraga dan jalani pola hidup yang aktif
  • Jauhi mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Hindari kebiasaan merokok

Itulah informasi mengenai kaitan antara asam urat dan darah tinggi yang bisa kami sampaikan untuk anda. semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.