Sabtu, 15 Desember 2018

Bahaya Minum Kopi Untuk Penderita Penyakit Asam Urat

Bagi anda pecinta kopi dan mengidap penyakit asam urat. Mulai sekarang sebaiknya anda hentikan kebiasan mengkonsumsi kopi. Hal ini karena mengkonsumsi kopi bisa membahayakan tubuh penderita asam urat. Dan disini kami akan memberitahukan informasi mengenai bahaya minum kopi untuk penderita penyakit asam urat yang perlu anda ketahui. 


Asam urat merupakan salah satu penyakit sendi yang sering kali disepelekan. penyakit ini disebabkan akibat dari tingginya jumlah zat purin dalam tubuh yang berasal dari makanan.

Dimana sisa metabolisme zat purin berupa asam uat akan menumpuk dan merusak sel-sel yang berada di sekitar sendi. Inilah yang bisa menyebabkan penderita penyakit asam urat mengalami rasa nyeri di sekitar sendi yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab terjadinya asam urat adalah makanan. Pasalnnya masyarakat di indonesia lebih menyukai makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti kopi.

Baca Juga : Bahaya Asam Urat Untuk Ibu Hamil
Tahukah anda bahwa minuman yang sangat disukai oleh masyarakat ini bisa membunuh secara perlahan ? Memang benar sekali kopi memiliki rasa yang sangat khas dan nikmat. Namun mengkonsumsi kopi ini sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk anda yang saat ini memiliki penyakit asam urat.

Bahaya Minum Kopi Untuk Penderita Asam Urat

Perlu anda ketahui bahwa di dalam minuman kopi terdapat beberapa kandungan yang bisa merusak jaringan tulang rawan yang bisa menyebabkan sendi menjadi terasa nyeri, linu dan susah untuk digerakan.

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga bisa menimbulkan bahaya atau dampak buruk pada tubuh penderita asam urat. Dan berikut ini beberapa bahaya tersebut :

  • Terjadinya Gangguan Pada Fungsi Ginjal
Minum kopi secara berlebihan dan dilakukan setiap selama bertahun-tahun bisa mempercepat penumpukan asam urat. Sehingga kondisi tersebut bisa menyebabkan terjadinya pengendapan zat purin dalam ginjal.

Dimana tumpukan zat purin dalam organ ginjal bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada fungsi ginjal. Apabila fungsi ginjal seseorang sudah mengalami kerusakan maka bisa menyebabkan berbagai penyakit ginjal yang menuntut anda untuk rutin melakukan cuci darah 2 kali dalam seminggu.

  • Kerusakan Sendi Dan Jaringan Tulang Rawan
Kerusakan sendi dan jaringan tulang rawan yang sulit digerakan bisa terjadi pada mereka pengidap asam urat yang sering mengkonsumsi kopi. Bahkan tidak sedikit kasus penderita asam urat yang mengalami kelumpuhan permanen akibat mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

  •  Penyempitan Pembuluh Darah
Banyaknya jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh penderita asam urat yang sering mengkonsumsi kopi bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Dimana terjadinya penyempitan pembuluh darah tersebut bisa menghambat aliran darah ke seluruh tubuh. Dan bahkan apabila kondisi tersebut cukup parah bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung.

  • Lemak Berlebihan
Kandungan kafein yang terdapat pada kopi memiliki jumlah yang banyak sehingga bisa menyebabkan jumlah  lemak dalam tubuh menjadi semakin tinggi dan bisa memicu tejadinya asam urat berlebih di sekitar sendi.

Tidak hanya itu saja, penderita asam urat yang sering sering mengkonsumsi kopi secara berlebihan memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit yang cukup mematikan seperti stroke dan diabetes.

  • Peradangan Sendi
Kelebihan kandungan kafein di dalam tubuh bisa menyebabkan timbulnya pembengkakan dan membentuk peradangan berupa benjolan yang berada di sekitar sendi.

Kondisi ini paling sering dialami oleh penderita asam urat yang sudah memasuki tahap kronis. Bagian sendi yang bengkak sering menyebabkan penderitanya tidakbisa berjalan dengan baik.

Dan bahkan pembengkakan yang terjadi bisa menyebabkan rasa sakit pada area sendi akan terasa sangat menyakitkan.

Manfaat Kopi Untuk Asam Urat


Meski mengkonsumsi kopi bisa menyebabkan kondisi asam urat semakin bertambah parah. Namun mengkonsumsi tanpa gula ( kopi pahit ) memiliki manfaat yang baik untuk penderita asam urat.

Mengkonsumsi kopi tanpa gula mampu menurunkan kadar asam urat secara perlahan-lahan apabila dikonsumsi dengan pemakaian tidak lebih dari 3 gelas sehari.

Nah itulah bahaya mengkonsumsi kopi untuk penderita penyakit asam urat. Apabila anda memiliki kebiasaan minum kopi, maka lakukanlah dengan bijak dengan menjaga kesehatan tubuh anda. Sekian dari kami semoga artikel sederhana yang kami sampaikan ini bermanfaat.