Senin, 17 September 2018

Manfaat Daun Kenikir Sebagai Obat Asam Urat Paling Ampuh

Banyak bebagai pengobatan yang bisa anda gunakan untuk mengatasi asam urat termasuk dengan cara alami. Salah satu cara alami yang mampu mengatasi asam urat adalah daun kenikir. Dimana Manfaat Daun Kenikir Sebagai Obat Asam Urat ini sangat ampuh dan tentunya aman dikonsumsi untuk mengatasi asam urat.

Manfaat Daun Kenikir Sebagai Obat Asam Urat Paling Ampuh


https://qnckapsul.blogspot.com/2018/09/manfaat-daun-kenikir-sebagai-obat-asam-urat.html

Daun kenikir atau disebut juga daun raja merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dimanfaatkan oleh orang orang sebagai olahan makanan seperti lalapan, campuran pembuatan sayur atau yang lainya.

Dan perlu anda ketahui bahwa ternyata daun kenikir ini bisa kita manfaatkan untuk mengatasi asam urat secara alami dengan dijadikan sebagai ramuan tradisional. Hal ini karena daun kenikir ternyata memiliki banyak kandungan yang mampu mengatasi asam urat.

Kandungan Daun Kenikir

Daun kenikir dikenal kaya akan antioksidan serta beragam nutrisi dan senyawa penting lainya yang berguna untuk memelihara kesehatan tubuh dan bahkan mampu mengatasi asam urat. Dan berikut ini ada beberapa kandungan yang terdapat pada daun kenikir. Yaitu :

  • Saponin
  • Flavonoid
  • Terpenoid
  • Mineral Polifenol
  • Kalsium
  • Vitamin A, E, C, K, D
  • Kuersetin
  • Fosfor
  • Polifenol
  • Hidroksieugenol
  • Tokoferol
  • Dan masih banyak lagi
Dengan adanya kandungan diatas, sudah jelas terbukti bahwa daun kenikir ini memiliki manfaat yang baik untuk penderita penyakit asam urat. 

Dan ada beberapa manfaat daun kenikir yang baik untuk asam urat, diantaranya yaitu : Mencegah terjadinya peradangan, Menguatkan persendian dan Menurunkan kadar purin penyebab asam urat.

Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Asam Urat

Untuk mendapatkan manfaat dari daun kenikir untuk asam urat, anda bisa membuat ramuannya sendiri dengan cara seperti berikut :

  • Cara yang pertama :
  1. Siapkan daun kenikir muda dan segar sebanyak 5-7 lebar
  2. Cuci daun kenikir hingga benar benar bersih
  3. Lalu rebus daun kenikir dengan 2-3 gelas air dan tunggi hingga mendidih
  4. Jika sudah mendidih, tiriskan daun dengan air (boleh tambahkan madu jika ada)
  5. Tunggu hingga dingin dan anda bisa mengkonsumsinya.

Apabila anda sedang melakukan diet purin, mengkonsumsi ramuan daun kenikir juga baik untuk dilakukan. Anda bisa mengkonsumsi air rebusannya sebelum makan untuk menetralkan zat purin yang ada di dalam makanan.

  • Cara yang kedua :
  1. Pilihlah daun kenikir yang masih muda dan bagus
  2. Lalu cuci hingga benar benar bersih
  3. Tumbuk daun kenikir hingga teksturnya sangat lembut
  4. Kemudian oleskan pada area sendi yang meradang, agar rasa nyeri yang dialami berkurang.

Mengkonsumsi daun kenikir tidak hanya mencegah timbulnya peradangan akibat serangan asam urat, namun juga mampu membantu menurunkan kadar putin serta menguatkan persendian, sehingga kondisi penderita asam urat akan berangsur membaik.

Selain mengkonsumsi ramuan dari daun kenikir, tentu saja anda juga perlu menerapkan gaya hidup yang sehat seperti menerapkan olahraga secara rutin, memilih makanan yang baik untuk tubuh, menurunkan berat badan jika obesitas dan yang lainya.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai manfaat daun kenikir untuk mengatasi asam urat secara alami. Namun ingat ! Pastikan anda melakukan pengolahannya dengan benar, jangan sampai kondisi anda semakin buruk akibat kesalahan anda dalam mengolah daun kenikir.